Primitives yang dimaksud adalah bentuk- bentuk seperti ellips, segi empat, dan polygon. Disebut
primitives karena variasi bentuknya terbatas dan tidak dapat diubah begitu saja. Bentuk- bentuk
primitives karena variasi bentuknya terbatas dan tidak dapat diubah begitu saja. Bentuk- bentuk
primitives sangat mudah dibuat, yaitu melalui toolbox. Primitives selalu menghasilkan bentuk- bentuk yang tertutup dan simetris, kecuali tool elips yang dapat dipakai untuk membuat busur (bentuk terbuka dan tidak semetris). Untuk bentuk tertutup artinya ada parameter yang dapat diisi dengan warna tertentu.
Coreldraw memiliki beragam warna termasuk warna transparan yang dilambangkan dengan kotak bersilang. Sementara ini yang dapat dipilih hanya warna solid saja, karena gradasi dan pola termasuk dalam special effects yang akan dijelaskan pada bab lain.
Property bar pada Coreldraw memiliki peranan yang sangat vital karena dapat digunakan untuk mengubah property suatu obyek yang telah maupun yang akan dibuat. Isi property Bar Coreldraw berubah- ubah, tergantung kepada:
1. Jenis obyek yang terseleksi.
2. Tool yang sedang aktif.
Contohnya suatu obyek dibuat dengan tool K, tetapi kemudian diberi special effect dengan tool L, maka obyek tersebut, selain dapat diakses dengan pick tool (sebagai obyek biasa), juga dengan tool K (sebagai obyek yang dibuat dengan tool K), dan juga tool L (sebagai obyek yang diberi sf dengan tool L). Isi dari property bar yang muncul tergantung tool yang digunakan untuk menseleksi obyek tadi, yang pada prakteknya, tergantung property apa yang ingin diubah, obyeknya atau efeknya.
1. Jenis obyek yang terseleksi.
2. Tool yang sedang aktif.
Contohnya suatu obyek dibuat dengan tool K, tetapi kemudian diberi special effect dengan tool L, maka obyek tersebut, selain dapat diakses dengan pick tool (sebagai obyek biasa), juga dengan tool K (sebagai obyek yang dibuat dengan tool K), dan juga tool L (sebagai obyek yang diberi sf dengan tool L). Isi dari property bar yang muncul tergantung tool yang digunakan untuk menseleksi obyek tadi, yang pada prakteknya, tergantung property apa yang ingin diubah, obyeknya atau efeknya.
Membuat bentuk primitif yang benar:
1. Pilih tool yang tepat, kemudian drag pada bidang gambar.
2. Setelah itu atur properti dan tentukan warna yang diinginkan.
1. Pilih tool yang tepat, kemudian drag pada bidang gambar.
2. Setelah itu atur properti dan tentukan warna yang diinginkan.
Hal- hal lain yang perlu diperhatikan pada saat melakukan drag, yaitu:
Constrain
Constrain artinya menjaga agar nilai- nilai tertentu selalu dibulatkan pada kelipatan tertentu.
Dalam hal ini constrain adalah untuk menjaga agar perbandingan lebar dan tinggi hasil dragging
tetap sama.
Central
Metode central dapat dicapai dengan menekan tombol [Shift] pada keyboard selagi melakukan
dragging.
Metode central dapat dicapai dengan menekan tombol [Shift] pada keyboard selagi melakukan
dragging.
No comments:
Post a Comment