2.10.10

Ikan Terbang

INILAH.COM, Washington - Ikan terbang (flying fish) ternyata memiliki kemampuan menggerakkan sirip, mirip cara terbang sayap burung berukuran sedang. Bagaimana prosesnya?

Studi ini dilakukan ahli tenaga mekanik di Seoul National University, Haecheon Choi dan koleganya Hyungmin Park. Mereka ingin mencari tahu bagaimana ikan terbang beradaptasi dengan lingkungan. Studi tersebut dipublikasikan pada Journal Experimental Biology.Mereka kemudian memancing di laut Korea bagian timur dan memperoleh 40 ikan terbang. Mereka kemudian memilih lima ikan berukuran yang sama dan membawanya ke Pusat Penelitian Kehidupan Laut Korea.

Ikan itu ternyata memiliki kemampuan memanjangkan sirip dengan satu sirip menahan sisi tubuh seolah siap menguji sistem aerodinamis.Park dan Choi kemudian mengukur gaya pada sirip dan tubuh ikan terbang sebagai simulasi penerbangan mereka. Kedua peneliti ini menghitung rasio angkat-tarik ikan terbang dengan pengukuran jarak horizontal relatif saat ikan meluncur.

Choi dan Park menemukan bahwa ikan memiliki daya gerak yang lebih baik ketimbang serangga, burung bahkan bebek. Ikan terbang mampu meluncur dengan jarak sejajar permukaan laut dan memiliki tingkat stabilitas yang tinggi saat bergerak. [ast]

No comments:

Post a Comment