22.2.11

PRINSIP KERJA MOTOR 4 LANGKAH ( FORE STROKE )


  1. Langkah 1 (langkah hisap)
Pada langkah hisap campuran udara dan bahan bakar masuk kedalam silinder,hal ini terjadi karena tekanan dalam silinder lebih rendah dari tekanan udara luar. Torak bergerak dari TMA ke TMB selama langkah ini katup masuk akan membuka dan katup buang menutup.
  1. Langkah II (langkah kompresi)
Pada langkah ini campuran udara dan bahan bakar yang berada dalam silinder dimampatkan oleh torak yang bergerak dari TMA ke TMB. Katup isap dan katup buang akan menutup selama gerakan ini tekanan dan suhu campuran udara dan bahan bakar menjadi naik.Dicantumkan tekanan suhu sebelum dan sesudah kompresi. Dari 60 °C penghabisan langkah isap sampai 330 °C penghabisan langkah kompresi. (Drs Daryanto,Tektik Otomotif:23).
3.      Langkah Kerja (ekspensi)
Pada langkah ini campuran udara dan bahan bakar dibakar oleh loncatan bunga api listrik dari busi yakni 5° sampai 10° sebelum torak mencapai TMA  pada langkah terjadi tekanan dan daya yang sangat besar yang akan mendorong torak dengan cepat menuju TMB, yang kemudian bertujuan menggerakan batang torak untuk memutar poros engkol, sehingga mesin dapat berputar. Posisi ke dua katup dalam keadaan tertutup.
4.      Langkah Buang
Pada langkah ini torak bergerak naik dari TMB ke TMA untuk mendorong gas sisa pembakaran di dalam silinder keluar melalui katup buang  pada langkah ini katup masuk menutup. dan katup buang membuka.

No comments:

Post a Comment