16.3.10

SQUISH DAN DOME KOMPRESI DAN TIMING PENGAPIAN

Squish dan dome adalah teknik modifikasi yang biasa di pakai di motor sport2 yang sekarang marak di lakukakan risetnya oleh tuner race di indonesia
Squish sendiri yang artinya irisan dan dome kubah squish and dome. inner dome is "dome", side circle is "squish". secara squish artinya irisan, sedangkan dome adalah kubah entah kenapa kalo di Indonesia, orang2 ngartiinya jadi kebalik squish itu adalah kubah di tengah yang menjorok ke dalam. sedangkan nat itu adalah "irisan".
Squish Modifikasi ini bertujuan untuk mendekatkan saat pengapian sebelum TMA dan mengfokuskan volume tekanan kompresi salah stunya untuk membentuk turbulensi gas bensin – udara di ruang bakar agar campuranya menjadi lebih homogen dan bertekanan squish biasa di terapkan pada motor – motor yang telah di modifikasi bore up dan sebelum melakukan modifikasi ini kita harus mengetahui dulu dasar dan karakter mesin itu sendiri.
Semakin kecil ruang bakar semakin besar pula perbandingan kompresimya . begitu pula sebaliknya , tidak jauh squish dan dome ( kubah ) bentuk kubah ada dua macam fungsi utama squish adalah untuk mendekatkan timing pengapian dengan pada akhirnya nanti di sesuaikan juga dengan karakter mesin.setiap mengubah sudut dan lebar squish juga harus mengubah derajat pengapian dalam membuat atau membentuk squish jangan sampai ada gas yang terjepit di tepi piston bakal terjadi tekanan kompresi yang tidak merata di ruang bakar bila ada gas bakar yang ter jepit akan timbul detonasi ( ngelitik )



sumber : bapak sugiono  bapak pengapian tanpa magnet dosen universitas wirorotomo porwokertomotor plus edisi 2004

No comments:

Post a Comment